Kamis, 24 September 2015

PENGALAMAN SAYA 2

PENGALAMAN SAYA 2
BELAJAR BAHASA MINANGKABAU

setelah seminggu di payakumbuh - sumatera barat - minangkabau, saya mulai dengan belajar bahasa minang, di sebabkan penduduk di sini sepertinya lebih mencintai bahasa minang daripada bahasa indonesia, sebab waktu itu setiap saya berbahasa indonesia di jawab dengan bahasa minang,
hal tersebut membuat saya penasaran, dan ingin belajar bahasa minang supaya saya bisa berbahasa minang.

dan dalam waktu 2 minggu saya mempelajarinya, saya menemukan pormula berbahasa minang.
sebuah pormula jitu dan cepat untuk dapat menguasai bahasa minang dalam waktu singkat.

adapun pormula itu sebagai berikut :

1. setiap akhiran ing berubah jadi iang, contohnya kucing menjadi kuciang
2. setiap akhiran at berubah menjadi ek, contonhnya kuat menjadi kuek
3. setiap akhiran is berubah menjadi ih, contohnya kumis menjadi kumih
4, setiap akhiran ut berubah menjadi uik, contohnya takut menjadi takuik
5, setiap akhiran us berubah menjadi uih, contohnya bungkus menjadi bungkuih
6, setiap akhiran r hilang, contohnya ular mendaji ula
7, setiap akhiran r setelah vokal i berubah menjadi ie, contohnya air menjadi aie
8, setiap akhiran as berubah menjadi eh, contoh balas menjadi baleh
9, hurup e setelah hurup pertama konsonan berubah menajadi a,contohnya keluar menjadi kalua
10. pemendekan kata dari apa menjadi a
11, pemendekan kata dari bagaimana menjadi baa, berapa menjadi bara
12. panggilan lelaki lebih tua kita panggil uda
13. panggilan perempuan lebih tua kita panggi uni.

demikianlah dasar kita menguasai bahasa minang.
selamat mencoba.

catatan :
tentunya ada beberapa slang dan bahasa di beberapa daerah yang berbeda, kita boleh memahami setelah memahami dasar di atas.

wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar