slogan

WE SERVE BETTER

Rabu, 04 Februari 2015

SEJARAH MINANGKABAU - KERAJAAN DANG TUANKU - IMBANG JAYO 2

KERAJAAN IMBANG JAYO


setelah kerajaan KANDIS menyerang kerajaan KOTO ALANG yang di perintah oleh Raja Aur Kuning, kerajaan lain mulai bermunculan dan mulai mengembangkan wilayahnya dan kemajuan negaranya. salah satunya adalah KERAJAAN DANG TUANKU di daerah Batusangkar sekarang. dengan rajanya SUTAN RUMANDUNG dan di bantu oleh adiknya CINDUA MATO kedua nya sebenarnya adalah adik tiri dari RAJA AUR KUNING yang kemudian mendirikan kerajaan LUBUK JAMBI dan kemudian berpindah ke daerah JAMBI sekarang ini.


mereka belum sempat saling bertemu, di karenakan kesibukan mereka mengurus perniagaan dan pemerintahan serta menyiapkan pertahanan.
CINDUA MATO adalah seorang pemuda ahli perang yang tangguh dan sakti. sementara DANG TUANKU adalah raja yang sangat cerdas.

kembali di kerajaan KURINCI, adik sepupu dari raja PANDEKA PANJANG GOMBAK yang bergelar TIAN HUNG KUK ( TIANG BUNGKUK atau dewa bungkuk ) mendirikan sebuah kerajaan di daerah PULAU PUNJUNG  dan mengangkat anak nya IMBANG JAYO sebagai rajanya.
TIANG HUNGKUK bergelar RIO DIPATI dan IMBANG JAYO bergelar RIO AGUNG MUDA


keluarga PANDEKA PANJANG GOMBAK ini sebenarnya berasal dari benua ruhum / hindia. dan beragama HINDU, mereka datang adalah karena kerajaan mereka di kalahkan oleh MAHARAJA ALIF yang telah mulai menguasai kawasan pesisir selatan benua ruhum dan telah meng islamkan kerajaan - kerajaan yang ada di daerah itu. dalam perjalanannya ia sampai di gunung kerinci karena saat itu ia melintasi lautan di sebelah barat dari gunung merapi. maka tiba lah ia saat gunung kerinci telah menjadi pulau yang luas dan berhutan lebat. ia di temani oleh saudara sepupunya DEWA BUNGKUK.

di saat bahtera dari istri SRI MAHARAJA DEPANG tiba dan mengetahui mereka adalah masih saudara dari SRI MAHARAJA ALIF maka dengan siasatnya berhasil memperistrinya dan di beri gelar SRI PARAMISUARI BUNDO KANDUNG karena ia datang dalam keadaan mengandung aur kuning. SRI PARAMISUARI saat itu di temani para dayang dan pengawal serta adik sepupunya yang kemudian menjadi raja di kerajaan INDERA PURO Dengan gelar RAJO MUDO.

saat menjadi raja di INDERA PURO, RAJO MUDO masih memluk islam yang taat dan agak bertentangan dengan PANDEKA PANJANG GOMBAK sehingga memilih meninggalkan KURINCI dan mengungsi ke sisi sebelah barat gunung dan mendirikan kerajaan di daerah indera pura - lunang.
dan saat lahirnya DANG TUANKU dan CINDUA MATO secara diam - diam ia melatih keponakannya dan tetap mengajarkan ISLAM kepada ke dua keponakannya. dan hal itu sangat menggembirakan bagi SRI PARAMISUARI atau BUNDO KANDUANG. kemudian kakak beradik itu berjanji menjodohkan anak mereka kelak setelah besar.

begitu juga rupanya pada DEWA BUNGKUK, ia juga sebenarnya menaruh hati kepada bundo kandung dan ingin menggulingkan kekuasaan kakaknya PANDEKA PANJANG GOMBAK yang begitu lemah menghadapi bundo kandung.  akhirnya dewa bungkuk mendirikan kerajaan IMBANG JAYO mengikut nama anak kesayangannya. gelarnya adalah RAJA RIO DIPATI dan anaknya IMBANG JAYO bergelar RIO MUDA AGUNG.
rupanya saat IMBANG JAYO mulai beranjak dewasa jatuh hati kepada PUTI BUNGSU anak dari RAJO MUDO yang telah di pertunangkan dengan DANG TUANKU dan dengan siasatnya berhasil menyebar berita bahwa DANG TUANKU tidak akan kembali ke Tanah KURINCI lagi sebab ia telah menderita sakit yang sangat parah, dan hasutannya di perkuat setelah PANDEKA PANJANG GOMBAK MENINGGAL DUNIA, bundo kandung di jemput dan tinggal menetap di kerajaan dang tuanku.

MAKA MULAILAH PERSETERUAN TERJADI, mari kita simak pada episode selanjutnya

KERAJAAN PAGARUYUNG